Bagaimana cara yang tepat memilih Media Pembelajaran
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan guru untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran.
Menurut Gagne :” berbagai jenis komponen dalam lingkungan peserta didik yang dapat merangsang mereka untuk belajar.” Sedangkan menurut Heinich dan Russel : “Sebuah saluran untuk komunikasi yang berasal dari bahasa latin yang berarti “antara” yang digunakan untuk menyalurkan informasi antara guru dan peserta didik.”
Adapun pembagian media pembelajaran dibagi menjadi :
Menurut jenisnya, meliputi : audio, visual, dan audiovisual.
Menurut daya liputnya, meliputi : luas dan serentak, terbatas dalam ruang dan waktu, untuk individual.
Bahan dan pembuatannya, meliputi : media sederhana, media kompleks.
FAktor-faktor yang perlu menjadi pertimbangan dalam pemilihan media pembelajaran yaitu :
Objektivitas
Program pengajaran
Sasaran program (siswa)
Situasi dan kondisi
Kualitas teknik
Keefektifan dan efisiensi penggunaan
Adapun kriteria pemilihan media pembelajaran yang benar adalah :
Topik menarik bagi siswa
Materi dalam media penting bagi siswa
Relevan dengan kurikulum yang berlaku
Materinya autentik dan faktual
Fakta atau konsepnya benar
Format sistematis dan logis
Objektif berorientasi kepada kebutuhan siswa
Narasi, gambar, efek, warna dan sebagainya memenuhi syarat kualitas
Bahasa, ilustrasi, simbol komunikatif
Sudah teruji daya dukungnya
Mengapa pemilihan media pembelajaran perlu diperhatikan oleh guru ? Karena dengan pemilihan media pembelajaran yang tepat akan memberikan banyak manfaat yang diperoleh diantaranya :
Mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh siswa
Memungkinkan adanya interaksi langsung antara siswa dengan lingkungannya
Menanamkan konsep dasar yang benar, konkret, dan realistis
Membangkitkan motivasi dan keinginan serta minat bagi siswa untuk belajar
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar